Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Bentuk
dan aliran
|
Bentuk
menyeret |
Kulit
gesekan |
0%
|
100%
|
|
~
10%
|
~
90%
|
|
~
90%
|
~
10%
|
|
100%
|
0%
|
Dalam dinamika fluida , tarik (kadang-kadang disebut hambatan udara atau resistensi
cairan) mengacu pada kekuatan-kekuatan yang bertindak pada yang solid objek dalam arah relatif fluida kecepatan aliran . [1]
[2]
[3]
[4]
Tidak seperti kekuatan resistif lain seperti sebagai gesekan kering, yang
hampir independen dari kecepatan, kekuatan tarik tergantung pada kecepatan. [5]
Contoh
tarik
Contoh tarik meliputi komponen bersih aerodinamik atau hidrodinamik memaksa sebaliknya bertindak dengan arah gerakan dari benda padat
relatif terhadap bumi sebagai untuk mobil, pesawat [3]
dan lambung perahu; atau bertindak dalam arah geografis yang sama gerak sebagai
padat, seperti untuk layar pada perahu berlayar angin bawah, atau di arah
menengah pada sebuah layar tergantung pada titik berlayar. [6]
[7]
[8]
[9]
Dalam kasus drag viskos dari fluida dalam pipa , tarik berlaku pada pipa bergerak menurun kecepatan fluida
relatif terhadap pipa. [10]
[11]
Jenis
tarik
Jenis tarik umumnya dibagi menjadi
kategori berikut:
- parasit tarik , terdiri dari
- angkat-induced drag , dan
- gelombang tarik ( aerodinamis ) atau gelombang resistensi (hidrodinamika kapal).
Drag frase parasit ini terutama digunakan dalam
aerodinamis, karena untuk mengangkat tarik sayap yang di kecil umum
dibandingkan untuk mengangkat. Untuk aliran di sekitar tubuh tebing, drag
paling sering mendominasi, dan kemudian kualifikasi yang "parasit"
tidak ada artinya. Formulir tarik, gesekan kulit dan tarik gangguan pada tubuh
tebing tidak diciptakan sebagai elemen tarik parasit, tetapi langsung
sebagai elemen tarik.
Selanjutnya, angkat-induced drag hanya relevan ketika sayap atau mengangkat tubuh yang hadir, dan karena itu biasanya dibahas baik dalam perspektif penerbangan drag, atau dalam desain perencanaan baik semi-atau lambung perencanaan . tarik Gelombang terjadi ketika solid objek bergerak melalui fluida pada atau dekat kecepatan suara dalam cairan-atau dalam hal ada permukaan bebas yang bergerak cairan dengan gelombang permukaan memancar dari obyek, misalnya dari sebuah kapal.
Selanjutnya, angkat-induced drag hanya relevan ketika sayap atau mengangkat tubuh yang hadir, dan karena itu biasanya dibahas baik dalam perspektif penerbangan drag, atau dalam desain perencanaan baik semi-atau lambung perencanaan . tarik Gelombang terjadi ketika solid objek bergerak melalui fluida pada atau dekat kecepatan suara dalam cairan-atau dalam hal ada permukaan bebas yang bergerak cairan dengan gelombang permukaan memancar dari obyek, misalnya dari sebuah kapal.
Untuk kecepatan-tinggi atau lebih
tepatnya, pada tinggi bilangan Reynolds -drag keseluruhan obyek ditandai oleh nomor berdimensi yang disebut koefisien hambatan , dan dihitung menggunakan persamaan tarik . Dengan asumsi koefisien drag lebih-atau-kurang konstan,
drag akan bervariasi sebagai kwadrat kecepatan . Dengan demikian, kekuatan yang dihasilkan dibutuhkan
untuk mengatasi hambatan ini akan bervariasi sebagai kubus dari kecepatan.
Persamaan standar untuk drag satu setengah koefisien drag dikalikan dengan
cairan kepadatan massa , yang luas penampang dari item tertentu, dan kuadrat kecepatan.
Hambatan angin adalah istilah awam yang digunakan untuk menggambarkan
drag. Penggunaannya sering kabur, dan biasanya digunakan dalam pengertian
relatif (misalnya, bulu tangkis shuttlecock memiliki hambatan angin lebih dari labu bola).
Drag
pada kecepatan tinggi
Para persamaan tarik menghitung gaya yang dialami oleh suatu benda yang bergerak
melalui fluida dengan kecepatan yang relatif besar (yaitu tinggi bilangan Reynolds , R e> ~ 1000), juga disebut tarik
kuadrat. Persamaan ini disebabkan Lord Rayleigh , yang awalnya digunakan di tempat L 2 A
(L yang panjang beberapa). Gaya pada benda yang bergerak karena fluida
adalah:
mana
Daerah referensi A sering
didefinisikan sebagai area dari proyeksi ortografi objek-pada bidang tegak lurus terhadap arah gerak-misalnya
untuk benda dengan bentuk sederhana, seperti bola, ini adalah cross sectional area. Kadang-kadang daerah referensi yang berbeda diberikan
untuk objek yang sama dalam hal koefisien drag yang sesuai untuk masing-masing
daerah yang berbeda harus diberikan.
Dalam kasus sayap, perbandingan di
drag ke gaya angkat paling mudah ketika daerah acuan adalah sama, sejak saat
itu rasio drag untuk gaya angkat hanyalah rasio drag untuk mengangkat koefisien . [13]
Oleh karena itu, referensi bagi sayap sering adalah planform (atau sayap) daerah daripada daerah frontal. [14]
Untuk objek dengan permukaan halus,
dan non-tetap pemisahan poin -seperti bola atau silinder melingkar-koefisien hambatan
dapat bervariasi dengan bilangan Reynolds R e, bahkan sampai
nilai yang sangat tinggi (R e dari urutan 10 7). [ 15]
[16]
Untuk objek dengan baik didefinisikan poin pemisahan tetap, seperti disk
melingkar dengan pesawat yang normal terhadap arah aliran, koefisien hambatan
adalah konstan untuk R e> 3.500. [16]
Selanjutnya koefisien hambatan C d adalah , secara umum,
fungsi dari orientasi aliran sehubungan dengan objek (terlepas dari benda-benda
simetris seperti bola).
Daya
Perhatikan bahwa daya yang
dibutuhkan untuk mendorong sebuah objek melalui sebuah fluida meningkat sebagai
kubus dari kecepatan. Sebuah mobil jelajah di jalan raya pada 50 mph (80 km /
jam) mungkin hanya membutuhkan 10 tenaga kuda (7,5 kW) untuk mengatasi hambatan udara, tapi itu mobil
yang sama pada 100 mph (160 km / jam) membutuhkan 80 hp (60 kW). Dengan dua
kali lipat dari kecepatan tarik (gaya) quadruples per formula. Mengerahkan
empat kali memaksa lebih dari jarak yang tetap menghasilkan empat kali lebih
banyak bekerja . Pada kecepatan dua kali lipat pekerjaan (yang
mengakibatkan perpindahan lebih dari jarak tetap) dilakukan dua kali lebih
cepat. Karena daya adalah tingkat melakukan pekerjaan, empat kali pekerjaan
yang dilakukan dalam setengah waktu membutuhkan delapan kali daya.
Velocity
dari benda jatuh
Kecepatan sebagai fungsi waktu untuk
sebuah objek jatuh melalui media non-padat, dan dilepaskan pada kecepatan nol relatif-v
= 0 pada waktu t = 0, kira-kira diberikan oleh fungsi melibatkan tangen hiperbolik (tanh):
Tangen hiperbolik memiliki batas nilai satu, untuk t waktu yang besar. Dengan kata
lain, kecepatan asimtotik mendekati nilai maksimum disebut kecepatan terminal v t:
Untuk objek berbentuk kentang d
diameter rata-rata dan densitas ρ obj, kecepatan terminal
adalah tentang
Untuk obyek air-seperti kepadatan
(hujan, hujan es, burung hidup benda-hewan, serangga, dll) jatuh di udara dekat
permukaan bumi di permukaan laut, kecepatan terminal secara kasar sama dengan
dengan d dalam meter dan t
dalam v m / s. Sebagai contoh, untuk tubuh manusia ( ~ 0,6 m) ~ 70 m / s,
untuk hewan kecil seperti kucing ( ~ 0,2 m) ~ 40 m / s,
untuk seekor burung kecil ( ~ 0,05 m) ~ 20 m / s,
untuk serangga ( ~ 0,01 m) ~ 9 m / s,
dan sebagainya. Terminal kecepatan untuk objek yang sangat kecil (serbuk sari,
dll) di bilangan Reynolds yang rendah ditentukan oleh hukum Stokes.
Kecepatan terminal lebih tinggi bagi
makhluk-makhluk yang lebih besar, dan dengan demikian berpotensi lebih
mematikan. Makhluk seperti mouse jatuh pada kecepatan terminal adalah jauh
lebih mungkin untuk bertahan hidup dampak dengan tanah dari manusia jatuh
dengan kecepatan terminal. Sebuah hewan kecil seperti kriket berdampak pada kecepatan terminal mungkin akan terluka. Hal
ini, dikombinasikan dengan rasio relatif ekstremitas luas penampang vs massa
tubuh (sering disebut sebagai hukum Square-kubus ), menjelaskan mengapa hewan kecil bisa jatuh dari
ketinggian yang besar dan tidak dirugikan. [17]
Sangat
rendah Reynolds nomor-Stokes 'tarik
Lintasan dari tiga benda dilemparkan pada sudut yang sama (70 °).
Obyek hitam tidak mengalami bentuk drag dan bergerak sepanjang sebuah parabola.
Objek biru pengalaman tarik Stokes ' , dan obyek hijau tarik Newton .
Persamaan untuk resistensi kental
atau tarik linear sesuai untuk benda atau partikel bergerak melalui
fluida pada kecepatan yang relatif lambat di mana tidak ada turbulensi (yaitu
rendah bilangan Reynolds , R e <1). [18]
Perhatikan bahwa aliran laminar murni hanya ada sampai Re = 0,1 di bawah
definisi ini. Dalam hal ini, kekuatan tarik adalah sekitar proporsional terhadap
kecepatan, tetapi berlawanan arah. Persamaan untuk resistensi kental adalah: [19]
di mana:
adalah konstanta yang tergantung pada sifat cairan dan
dimensi obyek, dan
adalah kecepatan objek
Ketika benda jatuh dari yang lain,
kecepatannya akan
yang asimtotik mendekati kecepatan
terminal .
Untuk yang diberikan , Benda-benda
berat jatuh lebih cepat.
Untuk kasus khusus dari benda bulat
kecil bergerak perlahan melalui kental fluida (dan dengan demikian pada bilangan Reynold kecil), George Gabriel Stokes berasal ekspresi untuk tarik konstan,
di mana:
Sebagai contoh, pertimbangkan sebuah
bola kecil dengan jari-jari = 0,5
mikrometer (diameter = 1,0 pM) bergerak melalui air pada kecepatan yang dari 10 pM / s.
Menggunakan 10 -3 Pa ° S sebagai viskositas dinamis air dalam satuan SI, kita menemukan kekuatan drag 0,09 PN.
Ini adalah tentang gaya tarik bahwa bakteri mengalami seperti berenang melalui
air.
Drag
dalam aerodinamika
Angkat
induced drag
Induced drag vs angkat
Angkat-induced drag (juga disebut induced drag) adalah drag yang terjadi
sebagai hasil penciptaan angkat pada tiga-dimensi tubuh mengangkat , seperti sayap atau badan pesawat pesawat. Induced drag terdiri dari dua
komponen utama, termasuk tarik karena penciptaan vortisitas (drag pusaran)
dan adanya tarik kental tambahan (angkat-induced drag kental).
Vortisitas di medan aliran-, hadir di tengah mengangkat tubuh, berasal dari
pencampuran turbulen udara dari berbagai tekanan pada permukaan atas dan bawah
tubuh, yang merupakan kondisi yang diperlukan untuk penciptaan angkat .
Dengan parameter lain tetap sama,
seperti angkat yang dihasilkan oleh tubuh meningkat, demikian juga tarik
angkat-diinduksi. Untuk pesawat udara dalam penerbangan, ini berarti bahwa
sebagai sudut serangan , dan oleh karena itu koefisien angkat , meningkat ke titik kritis, sehingga tidak drag
angkat-diinduksi. Pada awal kios , angkat tiba-tiba menurun, seperti angkat-induced drag,
tetapi tekanan tarik kental, sebuah komponen dari parasite drag, meningkat
karena pembentukan aliran turbulen tidak terikat pada permukaan tubuh.
tarik
parasit
Tarik parasit (juga disebut parasit tarik) adalah hambatan yang
disebabkan oleh benda padat bergerak melalui cairan. Tarik parasit terdiri dari
beberapa komponen termasuk tarik tekanan kental (form drag), dan tarik
karena kekasaran permukaan (kulit seret gesekan). Selain itu, kehadiran
beberapa badan dalam jarak relatif dapat dikenakan interference drag
disebut, yang kadang-kadang digambarkan sebagai komponen drag parasit.
Dalam penerbangan, induced drag cenderung lebih besar pada kecepatan rendah karena tinggi angle of attack yang dibutuhkan untuk mempertahankan angkat, menciptakan
lebih tarik. Namun, seperti meningkatkan kecepatan induced drag menjadi lebih
sedikit, tetapi menambah drag parasit karena cairan mengalir lebih cepat
sekitar menonjol gesekan benda meningkat atau tarik. Pada kecepatan lebih
tinggi dalam transonik , tarik gelombang memasuki gambar. Masing-masing bentuk tarik perubahan dalam
proporsi dengan yang lain berdasarkan kecepatan. Kurva tarik gabungan
keseluruhan sehingga menunjukkan kecepatan udara minimum pada beberapa -
pesawat terbang pada kecepatan ini akan pada atau mendekati efisiensi yang
optimal. Pilot akan menggunakan kecepatan ini untuk memaksimalkan ketahanan (konsumsi bahan bakar minimum), atau memaksimalkan jangkauan meluncur dalam hal kegagalan mesin.
kurva
Daya dalam penerbangan
Kurva daya: bentuk dan induced drag vs kecepatan pesawat
Interaksi drag parasit dan diinduksi
vs kecepatan udara bisa diplot sebagai kurva karakteristik,
diilustrasikan di sini. Dalam penerbangan, ini sering disebut sebagai kurva
kekuasaan, dan adalah penting untuk pilot karena menunjukkan bahwa, di
bawah kecepatan udara tertentu, mempertahankan kecepatan udara
counterintuitively membutuhkan dorongan lebih sebagai penurunan
kecepatan, daripada kurang. Konsekuensi menjadi "di belakang kurva"
dalam penerbangan adalah penting dan diajarkan sebagai bagian dari pelatihan
pilot. Pada kecepatan yang subsonik mana "U" bentuk kurva ini adalah
signifikan, tarik gelombang belum menjadi faktor, dan sehingga tidak
ditampilkan dalam kurva.
Gelombang
tarik dalam aliran transonik dan supersonik
Kualitatif variasi dalam faktor Cd
dengan bilangan Mach untuk pesawat
Gelombang tarik (drag
kompresibilitas juga disebut) adalah drag yang
diciptakan oleh adanya sebuah benda yang bergerak dengan kecepatan tinggi
melalui fluida kompresibel. Dalam aerodinamis , tarik Gelombang terdiri dari beberapa komponen
tergantung pada rezim kecepatan penerbangan.
Dalam transonik penerbangan (Mach
angka lebih besar dari sekitar 0,8 dan kurang dari sekitar 1,4), tarik
gelombang adalah hasil dari pembentukan gelombang listrik pada tubuh, terbentuk
ketika daerah (bilangan Mach lebih besar dari 1,0) lokal aliran supersonik
diciptakan. Dalam prakteknya, aliran supersonik terjadi pada tubuh bepergian
jauh di bawah kecepatan suara, sebagai kecepatan lokal udara pada tubuh
meningkat ketika berakselerasi tubuh, dalam hal ini kasus di atas Mach 1,0.
Namun, aliran supersonik penuh atas kendaraan tidak akan berkembang sampai 1,0
Mach juga masa lalu. Pesawat terbang dengan kecepatan transonik sering
dikenakan tarik gelombang melalui program normal operasi. Dalam penerbangan
transonik, gelombang drag sering disebut sebagai tarik tarik kompresibilitas
transonik kompresibilitas transonik meningkat secara signifikan sebagai
kecepatan meningkat penerbangan menuju Mach 1,0, mendominasi bentuk-bentuk lain
dari tarik pada kecepatan ini..
Dalam penerbangan supersonik (Mach
angka lebih besar dari 1,0), tarik gelombang adalah hasil dari gelombang
listrik hadir pada tubuh, gelombang listrik yang terbentuk biasanya miring
di tepi terkemuka dan trailing tubuh. Dalam arus yang sangat supersonik, atau
dalam tubuh dengan mengubah sudut yang cukup besar, gelombang listrik tidak
terikat, atau gelombang akan membentuk busur gantinya. Selain
itu, wilayah lokal aliran transonik belakang shockwave awal dapat terjadi pada
kecepatan supersonik yang lebih rendah, dan dapat mengarah pada pengembangan
tambahan, gelombang listrik kecil hadir pada permukaan tubuh mengangkat
lainnya, mirip dengan yang ditemukan dalam aliran transonik. Dalam rezim aliran
supersonik, tarik gelombang umumnya dipisahkan menjadi dua komponen, supersonik
angkat-tergantung tarik gelombang dan supersonik volume tergantung tarik
gelombang.
Solusi bentuk tertutup untuk di drag
gelombang minimum tubuh revolusi dengan panjang tetap ditemukan oleh Sears dan
Haack, dan dikenal sebagai Distribusi Sears-Haack. Demikian pula, untuk
volume tetap, bentuk untuk drag gelombang minimum adalah Von Karman ogive.
Biplane Busemann yang tidak, pada prinsipnya, tunduk untuk drag gelombang sama
sekali ketika dioperasikan pada kecepatan desain, namun tidak mampu
membangkitkan daya angkat.
d'Alembert
's paradoks
Pada 1752 d'Alembert membuktikan bahwa aliran potensial , abad ke-18 negara-of-the-art aliran inviscid teori setuju untuk solusi matematika, mengakibatkan
prediksi nol tarik. Ini bertentangan dengan bukti eksperimental, dan menjadi
dikenal sebagai d'Alembert 's paradoks. Pada abad ke-19 persamaan Navier-Stokes untuk deskripsi kental aliran yang dikembangkan oleh Saint-Venant , Navier dan Stokes . Stokes berasal drag sekitar bola yang sangat rendah pada bilangan Reynolds , hasil dari yang disebut hukum Stokes . [20]
Dalam batas tinggi angka Reynolds
Navier-Stokes persamaan pendekatan inviscid persamaan Euler , yang
potensi-aliran solusi dipertimbangkan oleh d'Alembert adalah solusi. Namun,
pada bilangan Reynolds yang tinggi semua percobaan menunjukkan ada tarik. Upaya
untuk membangun inviscid aliran solusi untuk persamaan Euler, selain solusi aliran
potensial, tidak menghasilkan hasil yang realistis. [20]
Gagasan batas lapisan -diperkenalkan oleh Prandtl pada tahun 1904, didirikan pada kedua teori dan
eksperimen-menjelaskan penyebab tarik pada bilangan Reynolds yang tinggi.
Lapisan batas adalah lapisan tipis cairan dekat dengan batas obyek, di mana
efek viskos tetap penting ketika viskositas menjadi sangat kecil (atau
ekuivalen bilangan Reynolds menjadi sangat besar). [20]
Blog Archive
-
▼
2011
-
▼
October
- Kekuatan/Gaya
- Berat badan Dari Wikipedia, ensiklopedia be...
- Microviscosity
- Bilangan Reynolds
- Kelekatan
- Metode Joback
- Prinsip Bernoulli
- Gaya hambat
- Persamaan Darcy-Weisbach
- Laminer dan Turbulen
- Bilangan Reynolds
- Aliran Laminer dan Turbulen
- Mekanika Fluida
- Mekanika statistika
- Massa jenis
- Tekanan Geser
- Fluida non-Newtonian
- Fluida Newtonian
- Fluida
- Drag (fisika)
- Hukum Stoke
- Mekanika fluida
- http://id.wikipedia.org/wiki/ Benzyl chloride ...
- http://en.wikipedia.org/wiki/Butane Butana Bu...
- Maaf temen2 aku Cuma dapat segini… contoh indus...
- Benzene
- 845024 Benzil Kloridauntuk sintesis farma, non-GM...
- I. Nama Molekul :...
-
▼
October
Post a Comment